Bengkulu - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Bengkulu, Zulhairi, memberikan pengarahan tugas kepada seluruh jajaran pada Selasa (22/7/2025) di Aula Fatmawati. Pengarahan ini sekaligus menjadi momen perkenalan pejabat administrator, koordinator JF, ketua tim kerja kepada Kepala Kantor Wilayah yang baru saja melaksanakan serah terima jabatan. Turut hadir Kepala Divisi Pelayanan Hukum Machyudhie dan Kepala Divisi Peraturan Perundang-undangan dan Pembinaan Hukum Tongam Renikson Silaban.
Dalam arahannya, Kakanwil Zulhairi menekankan program prioritasnya yakni Digitalisasi Layanan Publik melalui penyediaan QR Code untuk seluruh layanan, menyediakan layanan publik berbasis bahasa isyarat, dashboard monitoring kinerja dan anggaran serta peningkatan kapasitas dan sarana prasarana perancang peraturan perundang-undangan, tim harmonisasi, dan humas dalam mendukung tugas dan fungsi Kanwil.
Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari para Kepala Divisi, Kepala Bidang dan Kepala Bagian. Kepala Divisi Pelayanan Hukum menyampaikan perkembangan layanan KI, termasuk inisiatif pengembangan QR Code sebagai media informasi publik, serta kendala yang dihadapi dalam integrasi sistem layanan digital. Kepala Divisi Peraturan Perundang-undangan dan Pembinaan Hukum memaparkan strategi peningkatan efektivitas penyuluhan hukum, penyederhanaan informasi harmonisasi, dan dukungan terhadap penyusunan peraturan daerah.
Selanjutnya Kepala Bidang Tata Usaha dan Umum Rahmat Huda melaporkan tindak lanjut terhadap kebutuhan operasional, seperti pengadaan perangkat kerja, penyusunan laporan, serta peningkatan infrastruktur pendukung, termasuk mobil dinas dan jaringan internet. Sementara itu, Kepala Bidang Kekayaan Intelektual Nova Harneli memaparkan realisasi anggaran, capaian kegiatan sosialisasi, serta struktur tim kerja yang telah mendukung pencapaian target tahunan. Kepala Bidang Administrasi Hukum Umum Pande Made H.R menyampaikan adanya program Layanan AHU "Jemput Berkah" dan kerja sama lintas sektor yang sedang dikembangkan.
Seluruh Koordinator, Ketua Kelompok Kerja, dan Ketua Tim Kerja turut menyampaikan laporan singkat mengenai pelaksanaan program di masing-masing unit, termasuk berbagai kendala teknis yang dihadapi serta solusi yang telah atau akan diimplementasikan sebagai bagian dari upaya peningkatan kinerja organisasi.
Kakanwil Zulhairi menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan capaian seluruh jajaran, serta mendorong agar seluruh hasil pembahasan dalam rapat ini segera ditindaklanjuti melalui langkah-langkah konkret. “Jaga komunikasi yang efektif dan inovasi berkelanjutan dalam pelayanan kepada masyarakat. Jangan lelah berbuat baik dan harus selalu berpikir positif.” pungkasnya.
#KementerianHukum
#LayananHukumMakinMudah
#KemenkumBengkulu
#KanwilKemenkumBengkulu
#Zulhairi