Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI

Matangkan Pelaksanaan Kabupaten/Kota Peduli HAM Tahun 2025, Kanwil Kementerian Hukum Bengkulu Lakukan Koordinasi ke Pemda Provinsi

4._Matangkan_Pelaksanaan_KabupatenKota_Peduli_HAM_Tahun_2025_Kanwil_Kementerian_Hukum_Bengkulu_Lakukan_Koordinasi_ke_Pemda_Provinsi.jpegBengkulu,4 Februari 2025 – Kanwil Kementerian Hukum Bengkulu lakukan koordinasi dengan Biro Hukum Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu terkait pelaksanaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (KKP HAM) Tahun 2025. Bertempat di ruang kerja Kepala Biro Hukum, Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkum Bengkulu, Afrilinda, disambut langsung oleh Kepala Biro Hukum Pemda Provinsi Bengkulu, Hendri Donan.

Berdasarkan Pasal 53 Peraturan Presiden Nomor 156 Tahun 2024 tentang Kementerian Hak Asasi Manusia, seluruh ketentuan yang mengatur mengenai Hak Asasi Manusia dalam peraturan pelaksana dari Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2023 tentang Kementerian Hukum dan HAM dinyatakan masih tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan dalam Peraturan Presiden Nomor 156 Tahun 2024. Sehubungan dengan hal tersebut, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 22 Tahun 2021 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (KKP HAM), Kementerian Hak Asasi Manusia pada tahun 2025 akan melaksanakan penilaian atas capaian seluruh kabupaten/kota di tahun 2024 terkait dengan kriteria KKP HAM.

Adapun Jadwal dan Tahapan Penilaian KKP HAM 2025 Pelaksanaan KKP HAM Tahun 2025 akan berlangsung dari Januari 2024 hingga pertengahan Maret 2025. Selama periode tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota diwajibkan untuk mengumpulkan data penilaian yang mencakup formulir isian indikator KKP HAM beserta seluruh data dukung KKP HAM tahun sebelumnya. Data penilaian ini harus disahkan oleh pimpinan organisasi perangkat daerah Kabupaten/Kota dan/atau Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota serta dilengkapi dengan surat pengantar dari Sekretaris Daerah Provinsi saat diserahkan kepada Perwakilan Kementerian HAM di wilayah.

Sebagai langkah awal, Kanwil Kemenkum Bengkulu meminta dukungan serta kerja sama dari Gubernur Bengkulu untuk memastikan kelancaran pelaksanaan kegiatan ini. Koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di wilayah masing-masing menjadi faktor kunci dalam mensukseskan program KKP HAM Tahun 2025 guna meningkatkan kesadaran serta implementasi Hak Asasi Manusia di tingkat daerah.

Dengan adanya koordinasi ini, diharapkan pelaksanaan KKP HAM Tahun 2025 dapat berjalan efektif dan mencapai hasil optimal dalam penilaian kepedulian HAM di tingkat Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu. (Humas/ed.Md).5._Matangkan_Pelaksanaan_KabupatenKota_Peduli_HAM_Tahun_2025_Kanwil_Kementerian_Hukum_Bengkulu_Lakukan_Koordinasi_ke_Pemda_Provinsi.jpeg

6._Matangkan_Pelaksanaan_KabupatenKota_Peduli_HAM_Tahun_2025_Kanwil_Kementerian_Hukum_Bengkulu_Lakukan_Koordinasi_ke_Pemda_Provinsi.jpeg

logo besar kuning
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM 
PROVINSI BENGKULU
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Pangeran Natadirja No.KM. 7, Jl. Gedang, Kec. Gading Cemp., Kota Bengkulu, Bengkulu 38225
PikPng.com phone icon png 604605   +685133444450
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilbengkulu@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kanwilbengkulu@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI BENGKULU


facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Pangeran Natadirja No.KM. 7, Jl. Gedang, Kec. Gading Cemp., Kota Bengkulu, Bengkulu 38225
PikPng.com phone icon png 604605   085133444450
PikPng.com email png 581646   kanwilbengkulu@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kanwilbengkulu@kemenkumham.go.id

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI