Bengkulu – Salah satu pengukur kinerja yang maksimal adalah inovasi yang diciptakan demi peningkatan kualiotas pelayanan publik yang berdampak kepada masyarakat. Untuk itu Kementerian PAN-RB mengajak Jajaran Kementerian Hukum berpartisipasi aktif dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2025 yang diselenggarakan pada pertengahan Tahun 2025 dengan menggelar Sosialisasi KIPP Tahun 2025, Senin, (14/04/2025).
Kepala Kantor Wilayah (Sasmita) diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum (Rahmat Huda) dan JFT Perencana Muda (Melti Haryani) beserta tim kerja Program dan Pelaporan mengikuti kegiatan ini di Ruang Media Center Kantor Wilayah Bengkulu. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi (Rahmi Widhiyanti) yang menyampaikan bahwa implementasi Reformasi Birokrasi tidak hanya ajang lomba belaka, melainkan pembuktian kinerja dan pembaharuan kinerja yang dilakukan.
Teknis kegiatan seleksi kompetisi ini dijelaskan oleh Tim KemenPAN RB yang memaparkan secara detail mulai dari kriteria, syarat administrasi, tahapan dan timeline kegiatan, dan aspek-aspek penilaian. Adapun bentuk inovasi yang dilakukan bukan hanya aplikasi, melainkan dapat berupa perubahan pola kinerja, pembaharuan SOP, dan kinerja lainnya.
Saat ini Kementerian Hukum telah memiliki 131 inovasi dari seluruh Jajaran, dan hanya 15 inovasi terbaik yang akan diusulkan untuk mengikuti kompetensi ini. Semoga Kementerian Hukum dapat meraih penghargaan dalam inovasi ini dan inovasi yang terpilih membawa dampak perubahan demi mewujudkan pelayanan publik terbaik. (HUMAS/ INT/ Ed. JE)